Bagimana mencabut gigi bungsu yang benar ?

Sumber gambar : hellosehat.com

Hasil gambar untuk pencabutangigi bungsu

Ada beberapa alasan yang menyebabkan gigi bungsu untuk dicabut , Apakah tindakan ini benar ? dan bagaimana mencabut gigi bungsu yang tepat dan benar ? . Ada banyak alasan mengapa gigi bungsu perlu dicabut bisa saja karena mengalami infeksi , kerusakan , hingga banyak gigi didalam mulut yang membuat gigi bungsu tumbuh kesamping dan menganggu saraf dan gigi yang lain . Memang sudah seharusnya gigi patut dicabut ketika sudah sangat rusak . Jika tidak dicabut gigi yang rusak akan mengakibatkan gigi yang lain dan kesehatan rongga mulut kita ikut terganggu dan malah menimbulkan masalah kesehatan mulut lainnya. Rasa sakit yang terus menerus bisa menjadi pertanda utama gigi perlu dicabut biasanya rasa sakit ini ditimbulkan karena adanya gigi berlubang yang teridentifikasi infeksi , terkena infeksi gusi dan terjadinya patah gigi . Alasan lain mengapa mencabut gigi bungsu adalah tindakan yang tepat adalah mulut yang terlalu penuh sehingga gigi bungsu tidak tumbuh dengan baik dan menjadi sarang bakteri karena susah dijangkau , infeksi atau resiko kemungkinan terjadi infeksi maksudnya adalah jika terjadi kerusakan pada gigi yang menyebabkan bakteri dapat masuk ke pulpa dan menyebabkan infeksi sedangkan penggunaan antibiotik sudah tidak membantu maka opsi lain adalah dengan cara pencabutan agar infeksi tidak menyebar  , terjadinya gangguan pada rahang jika gigi baru dapat terbentuk kista dan tidak dapat ditangani , terkena penyakit sinus dikarenakan terjadi tekanan dan hidung tersumbat , dan ketika sistem kekebalan tubuh anda lemah akan memungkinkan terkena infeksi dan ini juga harus dilakukan pencabutan agar infeksi tidak menyebar . Setelah kita tau alasan yang benar kenapa gigi bungsu perlu dicabut sekarang kita akan membahas cara atau proses pencabutan gigi yang benar telah dilansir dari alodokter, sebagai berikut : 

  1. Gigi bungsu merupakan gigi permanen , makaproses pencabutanya pun akan mengalami kerumitan . Awalnya memerlukan kelengkapan peralatan dan masalah gigi yang ditangani perlahan dokter akan memutuskan apakah perlu untuk dirujuk ke rumah sakit atau bahkan dokter lain atau cukup dokter anda sendiri yang mencabutnya .
  2. Melakukan bius local yang disuntikkan disekitar area gigi yang akan siap untuk dicabut dan dokter juga akan melakukan mengguncang gigi anda agar ketika dikeluarkan supaya lebih memudahkan .
  3. Pemotogan gusi jika diperlukan oleh dokter ketika kesusahan dalam mengeluarkan gigi 
  4. Setelah selesai  pencabutan gigi , biasanya dokter akan menempatkan atau memberikan kapas disekitar gigi yang dicabut . biasanya kita disuruh menggigit kapas tersebut di darah yang giginya sudah dicabut agar membantu menghentikan pendarahan pasca pencabutan .
  5. Gigi sudah dicabut tetapi kita akan merasakan rasa nyeri dan bengkak disekitar area pencabutan dalam waktu 3 atau 2 minggu . Dan juga setelah pencabutan  bisa saja dapat mengakibatkan resiko seperti komplikasi yaitu infeksi atau proses penyembuhan lambat , resiko gangguan saraf yang dapat menimbulkan nyeri bahkan mati rasa pada bagian tubuh lain seperti bibir , lidah , gigi , dagu dan gusi ,serta lubang bekas gigi yang sudah dicabut akan terasa nyeri dan mengeluarkan bau jadi tetaplah mengikuti petunjuk perawatan dokter setelah pencabutan gigi berhasil . Walaupun hanya pencabutan gigi ini juga tindakan medis yang beresiko dan resikonya seperti yang sudah disebutkan diatas .
Kesehatan

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*