Teknis pemeliharaan DOC Ayam broiler

Ayam broiler  adalah sejenis unggas yang dipelihara manusia yang dimanfaatkan untuk keperluan hidup. Untuk memperoleh hasil panen yang banyak dan berkualitas, tentu harus dibarengi dengan  pemilihan bibit ayam yang bagus.

DOC ayam broiler yang berkualitas harus dirawat secara tepat dan rutin agar nantinya ayam berkembang dengan sehat sampai besar. Dengan perawatan yang benar maka akan memberikan keuntungan yang besar pula untuk peternak.

Oleh sebab itu penting adanya memahami teknis perawatan DOC ayam broiler agar bisa sesuai dengan yang diharapkan. Nah beberapa teknis pemeliharaan yang benar bisa anda simak berikut:

Minggu pertama

DOC ayam yang baru datang dipindahkan ke kandang yang sudah tersedia, kemudian diberi minum dengan tambahan gula merah agar energi yang hilang selama transportasi perjalanan terganti. Pemberian pakan berkisan antara 1,3 kilogram untuk 100 ekor ayam, atau bisa lebih. Pakan ayam yang diberikan pada tahap awal adalah berupa butiran kecil dan halus. kemudian mulai hari ke dua sampai panen diberikan minum air dingin. kemudian vaksinasi pada hari ke 4.

Minggu kedua

Sama dengan perawatan pada minggu pertama, tetapi lebih ringan. Pemanas bisa dikurangi suhunya dan untuk pakan berkisar antara 3,3 kilogram untuk 100 ekor ayam.

Minggu ketiga

Ketika siang hari yang terik, maka pemanas bisa dimatikan. Kebutuhan pakan menjadi 4,8 kilogram untuk 100 ekor ayam. Dan pada minggu ketiga awal ini diberikan vaksin dengan cara suntikan atau melalui air minum.

Minggu keempat

Ketika buku ayam sudah lebat, maka pemanas tidak diperlukan lagi. Lakukanlah sampling berat badan pada ayam agar pertumbuhannya normal. Ayam yang berumur sekitar minggu ini biasanya mulai rentan terhadap penyakit sehingga anda perlu mengontrolnya secara rutin agar tidak menular pada yang lain.

Minggu kelima

Pada minggu ini, ayam semakin berkembang dan jumlah kotoran semakin tinggi. Oleh karena itu perlu adanya penambahan alas agar lantai tetap kering. Kebutuhan pakan untuk umur minggu ini kisaran 8,8 kilogram untuk 100 ekor ayam. Lakukanlah sampling penimbangan ayam lagi. Jika bobot ayam  sudah berkisar antara 1,8 sampai 2 kilo maka ayam.sudah bisa dipanen.

Minggu keenam

Jika anda menginginkan bobot ayam yang lebih berat, maka tetaplah kontrol lantai kandang agar selalu kering. Jika pertumbuhan ayam baik maka bobotnya bisa mencapai 2,25 kilogram.

Business

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*